trick perbaikan pju led accu yang soak lengkap dan mudah

Apakah anda sudah belajar isi artikel sebelumnya tentang Trik Cara Memperbaiki Senter LED? Menarik bukan?

Kali ini alfa tehnik akan memberikan tutorial lainnya nih!

jika kemarin saya membahas tutorial memperbaiki lampu LED biasa non chargeable . pada kesempatan kali ini saya akan mengulas pensebab rusak nya lampu led dengan baterai tenaga surya dan cara memperbaiki senter LED tenaga surya .

Senter LED Chargeable


Sama jenis halnya dengan senter LED pasaran, senter LED yang dapat di isi /cas ulang pun sangatlah banyak tipe model nya. namun, pada umumnya prinsip cara kerjanya sangat sama .

Untuk komponen dan peralatannya sendiri sama dengan senter LED biasa . namun, terdapat tambahan baterai rechargeable dan modul charger untuk mengisi kembali dayanya.

Sebagai contoh saya coba untuk membongkar salah satu senter LED yang bisa diisi ulang dan kita pelajari bagian-bagiannya dan coba diagnosa masalah-masalah apa saja yang akan terjadi.

Sebagai acuan senter LED yang saya pergunakan saat ini adalah senter LED yang dapat di-charge langsung menggunakan listrik PLN 220VAC, menggunakan switch geser serta menggunakan LED dengan daya 10 Watt .

Sebab Sebab Senter LED Cas Rusak
sebagian masalah yang sering terjadi pada senter LED antara lain:

Senter LED mati
Troubleshooting :

Baterai tidak dapat di cas ulang
Switch atau saklar rusak
Koneksi antar komponen led putus
Lampu led putus
charger rusak tidak dapat mengisi baterai
Baterai senter tidak dapat diisi ulang
Troubleshooting :

Baterai rusak
Modul charger rusak
Koneksi antar komponen putus
Baterai senter drop
Troubleshooting :

Baterai tidak baik kondisinya

 

Cara Memperbaiki Senter LED Cas
Untuk membongkar & memperbaiki senter LED Cas alias yg sanggup diisi ulang ini kalian bisa melihat langkah-langkahnya menjadi berikut:

Langkah 1. Melepas Reflektor
cara melepas reflektor dalam senter cas
Pertama yg umumnya dilakukan merupakan melepas reflektor berdasarkan bodi senter menggunakan cara memutar antagonis arah jarum jam bagian depan berdasarkan senter (yg masih ada lensa atau kaca) & buat bodinya sendiri umumnya masih ada beberapa baut buat bisa dibuka.

Langkah dua. Cek Kabel Apakah Ada yg Putus
Kabel & komponen dalam senter charge
Setelah bodi senter dibuka bisa terlihat komponen-komponenyang dipakai misalnya baterai (dua buah), switch, pcb charger, & LED. Pada termin ini kalian bisa mengecek kabel-kabelnya apakah terdapat yg putus atau nir.

Langkah tiga. Keluarkan seluruh komponen
memperbaiki senter led cas
Setelah itu kalian bisa mengeluarkan seluruh komponen berdasarkan bodi senter buat memudahkan pengecekan yg lebih detail.

Langkah 4. Cek Kondisi Baterai
Cek komponen baterai dalam senter cas
Hal pertama yg perlu dicek merupakan baterainya, apakah voltase baterai masih pada keadaan mengagumkan atau nir.

Untuk senter ini, baterai yg dipakai merupakan tipe lead acid 4V yg pada keadaan terisi penuh lebih kurang 4.2V buat setiap baterainya, sebagai akibatnya apabila voltase telah menerangkan pada bawah 4V pada keadaan telah diisi maka bisa dipastikan syarat baterai telah nir baik.

Kalian bisa mencari surat keterangan voltase buat tipe baterai lainnya pada mesin pencari lantaran setiap tipe baterai mempunyai karakternya masing-masing.

Langkah 5. Cek Modul Charger
Modul charger buat baterai isi ulang dalam senter
Selanjutnya merupakan mengecek modul charger, lantaran baterai yg dipakai merupakan tipe lead acid, maka sistem pengisian buat baterai ini sangat sederhana.

Hanya memerlukan voltase & bertenaga arus yg kontinu yg nilainya diubahsuaikan menggunakan baterainya.

apabila ditinjau komponen yg dipakai hanya :

Diode bridge buat menciptakan arus searah
Beberapa pelawan buat membagi arus & voltase
LED buat indikator pengecasan
Kapasitor menjadi filter buat input
Kalian bisa mengecek satu persatu komponen tadi menggunakan multimeter atau secara fisik apabila terdapat komponen yg terbakar.

Langkah 6. Cek Switch / Saklarnya
Saklar dalam senter Cas
Setelah itu kalian cek switch atau saklarnya menggunakan memakai multimeter apakah dalam waktu on, koneksi yg didapatkan sang switch baik atau nir.

apabila ditinjau dalam gambar, switch ini memakai switch tipe geser menggunakan tiga posisi, yaitu mati, on (redup), on (terang).

Untuk menciptakan LED lebih redup nilai pelawan yg dipakai akan lebih besar.

Langkah 7. Cek Kondisi LED
Cek LED dalam senter apakah rusak atau nir
Terakhir merupakan mengecek lampu LED-nya, sanggup denganmultimeter atau asal listrik eksklusif yg voltasenya diubahsuaikan menggunakan LED yg dipakai (umumnya 3V).

Setelah seluruh langkah dilakukan & pemugaran telah dilakukan, kalian tinggal merakit pulang senternya & mengetes seluruh fungsi sudah berjalan menggunakan baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *